Efektifitas Strategi Constextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMAN I Kluet Tengah Aceh Selatan

Sri Mulfiani, 291325024 (2018) Efektifitas Strategi Constextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di SMAN I Kluet Tengah Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Efektifitas  Strategi Constextual Teaching and Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Efektifitas Strategi Constextual Teaching and Learning)
Sri Mulfiani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran di SMA Negeri 1 Kluet Tengah selama proses pembelajaran di dalam kelas masih ditemukan kelemahan-kelemahan dalam memahami materi karena terhadap materi yang diajarkan dan hasil yang diperoleh tidak sepenuhnya mencapai nilai KKM. Hal ini terjadi karena penggunaan strategi yang belum bervariasi sehingga siswa merasa bosan, tidak ada motivasi hanya mempelajari teori tanpa ada pengaplikasian terhadap lingkungan pada saat proses belajar. Rumusan maasalah dalam penelitian ini adaalah: (1) Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran Hidrokarbon dengan menggunakan strategi Constextual Teaching and learning?. (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas X1 SMAN I Kluet Tengah Aceh Selatan terhadap materi Hidrokarbon dengan menggunakan strategi Constextual Teaching and learning?. (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas X1 SMAN I Kluet tengah Aceh Selatan terhadap materi Hidrokarbon setelah menggunakan strategi Constextual Teaching and learning?. (4) Bagaimana respon siswa kelas X1 SMAN I Kluet Tengah Aceh Selatan terhadap strategi Constextual Teaching and learning dalam materi Hidrokarbon?.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran Hidrokarbon dengan menggunakan strategi Constextual Teaching and learning.(2)Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Materi Hidrokarbon dengan menggunakan strategi Constextual Teachng And Learning. (3) Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Constextual Teachng And Learning. (4)Mengetahui respon siswa terhadap strategi Constextual Teachng And Learning yang diterapkan dalam proses belajar mengajar pada materi Hidrokarbon. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada kelas X1 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan dua orang guru yang lebih berpengalaman dalam mengajar dan bertindak sebagai observer.Setiap siklus tindakan ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan angket kemudian data tersebut dianalisi menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Aktivitas guru dengan persentase pada siklus I sebesar 80,5 dan hasil persentase aktivitas guru pada siklus II adalah sebesar 97%. (2)Data hasil persentase dari aktivitas siswa pada siklus I adalah 69% kemudian pada siklus II adalah sebesar 95%. (3) Hasil persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75% (belum mencapai ketuntasan secara klasikal ketentuan yang berlaku di SMAN I Kluet Tengah Aceh Selatan) dan pada siklus II sebesar 94% (telah Mencapai ketentuan nilai ketuntasan klasikal).(4) Respon siswa terhadap proses belajar menggunakan Strategi Constextual Teachng And Learning pada materi Hidrokarbon mendapatkan respon yang positif dari siswa dengan persentase 98 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Constextual Teachng And Learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan juga dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa di SMA Negeri I Kluet Tengah Aceh Selatan pada materi Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1.Dr. Maskur, MA 2.Sabarni,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Constextual Teachng and Learning,Aktivitas , Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sri Mulfiani
Date Deposited: 04 Jun 2018 03:56
Last Modified: 04 Jun 2018 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item
View Item