Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 8 Aceh Tengah

Maulida Maskur, 190209104 (2024) Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 8 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 8 Aceh Tengah] Text (Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MIN 8 Aceh Tengah)
Maulida Maskur, 190209104, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan bercerita peserta didik kelas IV di MIN 8 Aceh Tengah masih rendah dikarenakan peserta didik masih ragu-ragu dan belum terbiasa bercerita didepan kelas, peserta didik terlihat kurang percaya diri dan sering terlihat lupa isi tentang cerita yang harus disampaikan dan mengakibatkan hasil peserta didik dalam bercerita menjadi rendah. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bercerita menggunakan model picture and picture ini dengan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bercerita. Teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Peningkatan pada kelas kontrol dengan nilai posttest 78,46% sedangkan nilai kelas eksperimen dengan nilai 83,38% dimana dengan pengaruh kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat dilihat dari nilai yang sudah dicapai oleh dua kelas tersebut, antara nilai posttest kelas kontrol dan nilai posttest kelas eksperimen memiliki selisih 5 angka antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji-t hasil rata-rata postest kelas kontrol berbeda secara signifikan dengan rata-rata kelas eksperimen dengan thitung > ttabel 2,37 > 1,66. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model picture and picture memiliki pengaruh terhadap model picture and picture dalam meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik kelas IV di MIN 8 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulida Maskur
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:43
Last Modified: 21 Nov 2024 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40175

Actions (login required)

View Item
View Item