Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie

Isna Aisyah, 261324548 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
ISNA AISYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang sedikit berbeda dari contoh yang diberikan oleh guru, terutama pada masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Siswa cenderung menunggu informasi yang diberikan oleh guru, sehingga siswa sulit dalam memahami konsep-konsep yang terkandung dalam masalah tersebut. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu guru seharusnya menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) ini menjadikan masalah nyata sebagai konteks bagi siswa dalam memahami konsep-konsep esensial dari materi pelajaran matematika, mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa serta sekaligus membangun pengetahuan baru. Untuk itu, dilakukan penelitian untuk mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa. Adapun tujuan peneliti adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning(PBL)lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran langsung.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi data penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie dan sampel diambil dengan teknikclusterrandom sampling, dan hasilnya dipilih kelas VII/A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/B sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan melalui pre-test dan pos-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan uji hipotesis I, diperoleh thitung>ttabel, 13,38854>1,7, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat dengan moderl pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Berdasarkan hasil uji hipotesis II, diperoleht_(hitung )>t_(tabel )yaitu 3,1697>1,68, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Aiyub, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Isna Aisyah
Date Deposited: 05 Jun 2018 02:32
Last Modified: 05 Jun 2018 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item
View Item