Nafis Munawwarah, 200205005 (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Barisan Dan Deret Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Barisan Dan Deret Di SMA/MA]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nafis Munawwarah, 200205005, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran. Ketersediaan e-modul berbasis Realistic Mathematic Education (RME) masih sangat minim, selama ini guru masih menggunakan buku cetak terbitan Kemendikbud sebagai referensi utama dalam mengajar. Maka dari itu dibutuhkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi barisan dan deret di SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 4 Aceh Besar. Instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara, lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk yang dikembangkan pada tahap validasi materi memperoleh hasil 83,3% dengan kriteria sangat valid. Validasi kesesuaian materi dengan Realistic Mathematic Education (RME) memperoleh hasil 85% dengan kriteria sangat valid. Validasi media memperoleh hasil 88,1% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan oleh guru memperoleh hasil 91% dengan kriteria sangat praktis dan uji kepraktisan peserta didik memperoleh hasil 86,7% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nafis Munawwarah |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:43 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40180 |