Syakila, 190205070 (2024) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tuornament). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tuornament)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syakila, 190205070, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (31MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran dengan memanfaatkan permainan yang dapat menjadikan siswa berperan aktif dan memahami materi dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dikelas adalah model TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran TGT dan perbandingan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran TGT dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan quasi experimen. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Bambel dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji one sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran TGT terlihat dari hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,07>1,71 dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran TGT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional terlihat dari hasil uji hipotesis diperoleh 〖 t〗_hitung >t_tabel yaitu 3,77 > 1,68.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syakila Syakila |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:50 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40199 |