Tatwir Ta’lim Al-Qawaid Bi Tariqah IU ACTION ‘Ala Asas Al-Madkhal Al-Binai Wa Uslub Al-Jiqsu Li Saithirati At-Thalibat ‘Ala Al-‘Adad Wa Al-Ma’dud Bi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar

Ulva Fitriani, 221004015 (2024) Tatwir Ta’lim Al-Qawaid Bi Tariqah IU ACTION ‘Ala Asas Al-Madkhal Al-Binai Wa Uslub Al-Jiqsu Li Saithirati At-Thalibat ‘Ala Al-‘Adad Wa Al-Ma’dud Bi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tatwir Ta’lim Al-Qawaid Bi Tariqah IU ACTION ‘Ala Asas Al-Madkhal Al-Binai Wa Uslub Al-Jiqsu Li Saithirati At-Thalibat ‘Ala  Al-‘Adad Wa Al-Ma’dud Bi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar] Text (Tatwir Ta’lim Al-Qawaid Bi Tariqah IU ACTION ‘Ala Asas Al-Madkhal Al-Binai Wa Uslub Al-Jiqsu Li Saithirati At-Thalibat ‘Ala Al-‘Adad Wa Al-Ma’dud Bi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar)
Ulva Fitriani, 221004015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pada kelas XI-B di SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar, peneliti menemukan bahwa siswa pada kelas ini belum mampu menyusun kalimat dari materi ‘Adad Wa Ma’dud, serta belum mampu mengetahui Adad Wa Ma’dud dari segi teori. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan pengajaran Qawaid menggunakan metode IU ACTION berdasarkan pendekatan konstruktivisme dan model Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan pembelajaran Qawaid dengan metode IU ACTION berdasarkan pendekatan konstruktivisme dan model jigsaw untuk penguasaan Adad Wa Ma’dud pada siswi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar serta mengetahui respon siswa dalam mengembangkan pengajaran Qawaid dengan metode IU ACTION berdasarkan pendekatan konstruktivisme dan model Jigsaw untuk penguasaan Adad Wa Ma’dud pada siswi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar serta mengidentifikasi keefektifan pengembangan pengajaran Qawaid dengan metode IU ACTION berdasarkan pendekatan konstruktivisme dan Model Jigsaw untuk penguasaan Adad Wa Ma’dud pada siswi SMA IT Dayah Mulia Aceh Besar. Adapun Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Proses Pengembangan Metode IU ACTION menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan lima tahapan yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan angket, pre-test, dan post-test. Adapun hasil penelitian ini, hasil dari angket validator adalah 88%, dan berdasarkan standar tersebut menunjukkan bahwa pengajaran Qawaid dengan metode IU ACTION sangat baik, dan hasil dari angket respon siswa sebesar 83% menunjukkan bahwa nilai pada 81-100%, artinya respon siswa pada proses pembelajaran Qawaid menggunakan metode IU ACTION berdasarkan pendekatan metode konstruktivisme dan model Jigsaw sangat baik, kemuadia hasil T- Test (19,061) pada taraf signifikansi (0.000 < 0.05), artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan , Qawaid “Adad Wa Ma’dud”, IU ACTION, Pendekatan Konstruktivesme Dan Model Jiqsaw
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulva Fitriani Ulva
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:34
Last Modified: 25 Nov 2024 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40202

Actions (login required)

View Item
View Item