Nanang Restu Pradana, 200212027 (2024) Perancangan Desain 3D Sebagai Media Promosi Pada Mesin Penetas Telur Ayam Dengan Menggunakan Software Blender. Perancangan Desain 3D Sebagai Media Promosi Pada Mesin Penetas Telur Ayam Dengan Menggunakan Software Blender, 8 (12): 12. pp. 1-12. ISSN 2597-9671
![[thumbnail of Perancangan Desain 3D Sebagai Media Promosi Pada Mesin Penetas Telur Ayam Dengan Menggunakan Software Blender]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nanang Restu Pradana, 200212027, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan desain 3D sebagai media promosi untuk mesin penetas telur ayam berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakan software Blender. Dengan memanfaatkan teknologi IoT, mesin penetas telur ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses penetasan telur ayam. Animasi 3D digunakan sebagai alat promosi yang mampu memberikan visualisasi yang realistis dan informatif mengenai produk, sehingga dapat menarik minat dan pemahaman konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi 3D yang dibuat mendapatkan skor rata-rata 4.27 dari ahli media dan 4.67 dari ahli materi, yang mengindikasikan bahwa animasi ini sangat efektif sebagai media promosi. Evaluasi dari para ahli menunjukkan bahwa animasi ini mampu
menampilkan produk dengan jelas dan mudah dipahami oleh audiens, mencakup informasi penting mengenai fungsi dan fitur produk, serta menarik secara visual. Pengujian terhadap 25 responden masyarakat umum juga menunjukkan hasil yang sangat positif dengan rata-rata nilai di atas 4.48 untuk setiap pertanyaan, menandakan bahwa iklan animasi ini sangat menarik, informatif, berkualitas, mudah dipahami, dan efektif dalam mempromosikan produk. Distribusi animasi dilakukan melalui platform media sosial seperti YouTube untuk mencapai audiens yang lebih luas. Penelitian ini berhasil menciptakan metode praktis dan perspektif baru bagi industri peternakan dalam meningkatkan daya saing dan penjualan produk mesin penetasan telur ayam melalui iklan berbasis animasi 3D yang visual dan informatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Nanang Restu Pradana |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 02:18 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 02:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40209 |