Elva Sofiana, 200210021 (2024) Gambaran Kompetensi Guru Dalam Memahami Kurikulum Merdeka. Aulad : Journal on Early Childhood, x: x xxxx. ISSN 2655-4798
![[thumbnail of Gambaran Kompetensi Guru Dalam Memahami Kurikulum Merdeka]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Elva Sofiana, 200210021, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Kurikulum merdeka adalah inovasi Pendidikan di Indonesia yang dirancang untuk memberikan kebebasan dan fleksibelitas dalam proses pembelajaran. Kompetensi guru kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru agar bisa mengajar dengan efektif, kompetensi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik terkait guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan efektif bagi perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan menggambarkan kompetensi guru dalam memahami kurikulum Merdeka di TKIT Baitusshalihin. Data yang dikumpulkan dan dianalisis terkait pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka, serta hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling, yaitu pemilihan pada subjek yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Subjek dalam penelitian ini ada 4 orang diantaranya 3 guru kelas dan 1 kepala sekolah. Teknik analisis data melalui proses mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20 guru di sekolah menunjukkan bahwa sekitar 13 orang guru telah memahami esensi kurikulum merdeka, yaitu penekanan pada perkembangan potensi individual siswa melalui pembelajaran yang lebih kontekstual dalam kehidupan sehari-hari dan sekitar 7 orang guru kurang paham dengan kurikulum merdeka.Namun tantangan muncul trutama terkait dengan pemahaman mendalam terhadap strategi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip kurikulum baru serta penyesuaian terhadap perubahan pendekatan ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Guru Prasekolah; Kurikulum Merdeka; |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Elva Sofiana Elva |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:07 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40223 |