Amirah Dzakiyah, 200202026 (2024) Pengembangan LKPD BAhasa Arab berbasis Contextual Teaching and Learning. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tathwiru LKPD Al-Lughah Al-Arabiyah Biusluubi Contextual Teaching and Learning,,,,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Reserch and Development) yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan media ajar dalam bentuk LKPD berbasis model Contextual Teaching and Learning pada materi "الرياضة" dan untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III – 3 yang berjumlah 17 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar validasi yang dinilai oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain, serta hasil tes siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kevalidan media ajar berdasarkan hasil ahli materi dan bahasa masuk dalam kategori sangat bagus dengan rata-rata presentase 96,9% (sangat bagus), hasil ahli desain mendapatkan hasil dengan rata-rata presentase 90,3 % (sangat bagus). Dari hasil uji coba siswa antara pre-test dan post-test peneliti menemukan hasil Paired Samples T-Test pada tingkat signifikansi (Sig) 0,00 < (Sig) 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan dari beberapa kategori tersebut, dapat disimpulkan bahwa media ajar yang dikembangkan sangat bagus, dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam membantu proses pembelajaran pada pembelajaran bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Amirah Dzakiyah |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 03:30 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 03:30 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40240 |