Trisa Ainda Putri, 190503041 (2024) Hubungan Ketersediaan Fasilitas Perpustakaan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Hubungan Ketersediaan Fasilitas Perpustakaan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Trisa Ainda Putri, 190503041, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Hubungan Ketersediaan Fasilitas Perpustakaan Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah fasilitas perpustakaan berpengaruh dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh anatara fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 390 siswa, sampel yang digunakan adalah sebanyak 79 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui hasil angket. Berdasarkan hasil penelitian ketersediaan fasilitas perpustakaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji linear sederhana dan uji t parsial yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan hipotesis Ha1 bahwasanya fasilitas perpustakaan memiliki hubungan terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh ketersediaan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa adalah 31,2% (R Square = 0,312), yang termasuk dalam kategori moderate/sedang. Ini berarti bahwa 68,8% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar ketersediaan fasilitas perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Trisa Ainda Putri |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 01:44 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40264 |