Maulida Sahrina, 201003058 (2024) Pengembangan Cerita Pendek Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa (Studi Penelitian Pengembangan Di MTsN Bandar Dua Pidie Jaya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.
![[thumbnail of Pengembangan Cerita Pendek Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa (Studi Penelitian Pengembangan Di MTsN Bandar Dua Pidie Jaya).]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Maulida Sahrina, 201003058, PPS, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Peneliti menemukan masalah adanya ketidakmampuan dalam memahami teks bacaan bahasa Arab yang menyebabkan motivasi belajar siswa menurun secara signifikan. Motivasi siswa dalam membaca teks Arab sangat rendah karena kosakata bahasa Arab yang belum lengkap. Menurunnya kemampuan siswa dalam memahami teks membuat mereka kesulitan dalam mengidentifikasi gagasan pokok, mencari informasi, kesalahan kosakata atau tata bahasa yang muncul dalam bacaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan cerita pendek menggunakan media kartu untuk meningkatkan pemahaman bacaan teks arab siswa MTsN Bandar Dua Pidie Jaya dan efektifitas penggunaannya. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam tesis ini ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan istilah ADDIE singkatan dari lima langkah penelitian analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dengan jumlah populasi sebanyak 489 siswa dan sampel 37 siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan test. Di dalamnya, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dengan tingkat persentase dan data angket tentang kebutuhan siswa dalam pengajaran cerita pendek menggunakan metode kartu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks sehingga efektif. Peneliti memperoleh hasil test dengan uji T-test, nilai pretest 73,24 dan post test 83,24 dengan uji (t) (t-hitung) lebih besar dari nilai hasil (t-tabel) dengan angka (0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan efektif dalam meningkatkan kemampuan bacaan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Maulida Sahrina |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 03:02 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 03:02 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40266 |