Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya

Hamdi Fitria, 190209146 (2023) Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya] Text (Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya)
skripsi fitria apload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya penulis menemukan bahwa hasil belajar siswa kelas V sangat rendah, terlebih pada pelajaran IPA. tangga" terhadap hasil belajar siswa. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa penggunaan media "ular tangga" dapat memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Media ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan konsep-konsep yang diajarkan, seperti urutan
angka atau alfabet, dan membantu siswa memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan media "ular tangga" juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran melalui elemen permainan dan kegembiraan yang disajikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk pre eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di sekolah SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya yang berjumlah 144 siswa, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Bandar Baru Pidie Jaya yang berjumlah 26 siswa. hasil analisis data menunjukkan rata-rata pretest hasil belajar siswa adalah 54,8 dan posttest 80,3, diperoleh nilai t hitung sebesar 34,069 kemudian dikonsultasikan dengan tabel pada (df) = n-1 = 26-1= 25, maka diperoleh nilai ttabel sebesar 1,708, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hamdi Fitria Hamdi
Date Deposited: 11 Dec 2024 08:22
Last Modified: 12 Dec 2024 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40311

Actions (login required)

View Item
View Item