Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Virus

Zahratun Raihan, 190207036 (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Virus. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Ajar, Berbasis Project Based Learning, Virus,  Kelayakan] Text (Pengembangan Modul Ajar, Berbasis Project Based Learning, Virus, Kelayakan)
Zahratun Raihan, 190207036, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Proses pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar berjalan dengan baik, tetapi kurang bervariasi, terlihat juga pembelajaran masih didominansi oleh guru dimana guru menjadi narasumber tunggal, solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan modul ajar berbasis proyek. Salah satu yang melatar belakangi dikembangkan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi virus ini adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar, untuk menganalisis uji kelayakan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi virus. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D yang meliputi tahapan define, design, develop dan dessimination. Subjek dalam penelitian ini 2 ahli perangkat dan 2 ahli materi. Teknik pengumpulan data berupa uji kelayakan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar uji kelayakan perangkat dan lembar uji kelayakan materi. Teknik analisis data uji kelayakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan modul ajar berdasarkan kualitas ahli perangkat diperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat layak, ahli materi diperoleh persentase sebesar 79% dengan kategori layak. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi virus menggunakan model 4D, memperoleh kelayakan modul ajar sangat layak, kelayakan materi termasuk layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Zahratun Raihan Raihan
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:19
Last Modified: 16 Dec 2024 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40315

Actions (login required)

View Item
View Item