Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Realia Pada Pembelajaran IPA Kelas VII MTSN 2 Banda Aceh

Nur Ema, 200207042 (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Realia Pada Pembelajaran IPA Kelas VII MTSN 2 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Model Inkuiri Terbimbing, Media Realia, dan Hasil belajar] Text (Model Inkuiri Terbimbing, Media Realia, dan Hasil belajar)
Nur Ema, 200207042, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa hal yang perlu diperhatikan adalah model pembelajaran beserta media yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Terlihat bahwa siswa tidak aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan tidak ada variasi penggunaan model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan model inkuiri terbimbing menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan bertujuan untuk melihat observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah pelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada 2 siklus setiap siklusnya terdapat 4 tahapan yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 MTsN 2 Banda Aceh dengan jumlah siswa 35 orang dengan materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap aktivitas guru pada siklus I sebesar 77,17% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,95% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,61% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 94,04% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,64% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 81,82% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dengan presentse 81,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VII MTsN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Ema Ema
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:42
Last Modified: 16 Dec 2024 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40323

Actions (login required)

View Item
View Item