Nurul Fitriani, 180207127 (2024) Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Fitriani, 180207127, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Kurangnya keterlibatan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA menyebabkan peserta didik tidak aktif dan kurang mengajarkan peserta didik dalam proses berfikir untuk menemukan pengetahuan sendiri melalui kerja ilmiah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu uaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan metode yang sesuai dengan materi pembelajaran yaitu menggunakan metode inkuiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar dengan penerapan metode inkuiri. Metode penelitian menggunakan desain One Group Pretest-postest desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII 1 SMP Negeri 1 Darussalam Aceh Besar yang berjumlah 23 siswa. Instrument Pengumpulan data dengan menggunakan soal (pretest dan postes) dan lembar aktivitas siswa. Analisis data menggunakan N-Gain dan uji t. Hasil analisis data menunjukan hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri mengalami peningkatan dari rata rata pretest yaitu 42,91 dan nilai rata rata postest yaitu 79,35 dengan nilai N-Gain sebesar 0,69 yang temasuk kedalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis di peroleh thitung > ttabel (29,15 > 1,725) sehingga Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Hasil analisis keseluruhan total nilai rata rata persentase aktivitas belajar siswa yaitu 63,73 termasuk kedalam kriteria aktif. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri1 Darussalam Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri, Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurul Fitriani |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:26 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40356 |