Indria Putri, 200303055 (2024) Pandangan Dosen Ulumul Qur`an dan Tafsir UIN Ar-Raniry Tentang Hermeneutika Sebagai Metode Penafsiran Al-Qur`an. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Pandangan Dosen Ulumul Qur`an dan Tafsir UIN Ar-Raniry Tentang Hermeneutika Sebagai Metode Penafsiran Al-Qur`an]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Indria Putri, 200303055, FUF, IAT, 082216148414.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan hermeneutika sebagai metode penafsiran Al-Qur`an. Penggunaan hermeneutika menjadi topik yang menarik perhatian para akademisi dan sarjana dalam bidang studi Al-Qur`an dan Tafsir, karena adanya perdebatan di bidang penafsiran Al-Qur`an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Dosen Ulumul Qur`an dan Tafsir UIN Ar-Raniry terhadap penggunaan hermeneutika dalam penafsiran Al-Qur`an dan cara menyingkapi polemik yang terjadi di kalangan cendikiawan muslim di bidang penafsiran Al-Qur`an. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dosen UIN Ar-Raniry cenderung menerima hermeneutika sebagai metode penafsiran Al-Qur`an dengan syarat tetap menggunakan kaidah-kaidah Ulumul Qur`an. Cara menyingkapi polemik penggunaan hermeneutika dengan memperluas pengetahuan dan mempunyai nalar kritis terhadap suatu yang kontraversi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Indria Putri Putri |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:40 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:40 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40369 |