Perempuan dalam Tayangan Iklan Televisi Menurut Pandangan Akademisi Dakwah studi pada Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Evi Adia L. Gaol, 411005958 (2016) Perempuan dalam Tayangan Iklan Televisi Menurut Pandangan Akademisi Dakwah studi pada Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Menjelaskan tentang tanyangan iklan televisi yang menampilkan perempuan menurut pandangan akademisi dakwah.]
Preview
Text (Menjelaskan tentang tanyangan iklan televisi yang menampilkan perempuan menurut pandangan akademisi dakwah.)
Evi Adia L. Gaol.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Periklanan televisi saat ini tidak hanya digunakan sebagai media untuk mempromosikan suatu produk, iklan televisi memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk membentuk konstruksi perempuan dan menampilkannya kepada khalayak, sehingga banyak produk yang diiklankan melibatkan perempuan dengan mengandalkan keindahan tubuh perempuan. Fokus masalah penelitian ini secara umum adalah “Bagaimana perempuan dalam tayangan iklan televisi dalam pandangan akademisi dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry?” Masalah ini dijabarkan yang bertujuan untuk mengetahui citra perempuan yang menjadi pemeran iklan di televisi, kesesuaian produk iklan dengan gambaran perempuan yang ditampilkan di televisi, serta pandangan tentang perempuan yang menjadi pemeran utama pada produk iklan di televisi. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif analisis dengan metode pengumpulan data yang bersifat kualitatif melalui wawancara terhadap dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dan dokumentasi berupa potongan-potongan iklan televisi berbentuk gambar dengan teknik analisis data. Pertama, mencari dan mengumpulkan sejumlah data (data kasar) untuk diselidiki dan analisis. Kedua, Penyaringan data. Ketiga, Data yang relevan dengan permasalahan yang diteliti akan dianalisis dan disimpulkan, serta menggunakan informan yang memiliki kriteria yang sesuai dengan data yang diinginkan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasannya maka perempuan dalam tayangan iklan televisi menurut pandangan akademisi dakwah sangat tidak sesuai karena tubuh perempuan dijadikan alat untuk mencari keuntungan dan tidak sesuai dengan Etika Pariwara Indonesia. Sebaiknya pada produk laki-laki tidak perlu melibatkan perempuan dalam mempromosikan barang ataupun jasa. Pemeran perempuan pada tayangan iklan di televisi itu seharusnya sesuai dengan syari’ah. Rekomendasi kepada perempuan diharapkan agar tidak menampakkan auratnya di depan publik, kepada pembuat iklan, iklan yang kurang mendidik sebaiknya ditinggalkan dan digantikan dengan iklan yang mengusung ide pemulihan nilai-nilai kemanusiaan, dan kepada penonton televisi diharapkan agar tidak mudah terpengaruh oleh iklan yang ditayangkan dalam televisi dan bersikap kritis dalam memaknai iklan-iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Syukri Syamaun, M.Ag; NIP. 196412311996031006; 2. Anita, S.Ag.,M.Hum; NIP. 197109062009012002
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Tayangan Iklan, Dakwah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:58
Last Modified: 16 Aug 2017 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item
View Item