Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 7 Aceh Besar

Rifa Amalia, 190207055 (2024) Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsN 7 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Mind Mapping] Text (Pengembangan E-Handout Interaktif Berbasis Mind Mapping)
Rifa Amalia, 190207055, FTK, PBL, 082372731014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kurang bervariasinya penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran menjadi salah satu penyebab peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan. Salah satu solusinya adalah penggunaan bahan ajar tambahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain bahan ajar, untuk menganalisis hasil uji kelayakan, mendeskripsikan hasil respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar e-handout interaktif berbasis mind mapping pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di MTsN 7 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D (Four-D). Subjek dalam penelitian ini adalah, 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang pendidik dan 16 peserta didik kelas VIII-2 di MTsN 7 Aceh Besar. Objek penelitian ini adalah uji kelayakan, respon pendidik, dan respon peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji kelayakan dan menggunakan angket respon. Instrumen penelitian ini berupa lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi, respon pendidik, dan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-handout interaktif berbasis mind mapping yang dikembangkan. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan bahan ajar e-handout interaktif berbasis mind mapping oleh ahli media dengan persentase 80% dengan kriteria layak, hasil uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase 84% dengan kriteria sangat layak, dan hasil uji kelayakan keseluruhan menunjukkan persentase 82,14% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon pendidk terhadap bahan ajar e-handout interktif berbasis mind mapping memperoleh hasil sebesar 92,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar e-handout interktif berbasis mind mapping memperoleh hasil sebesar 87,25% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan media dan materi serta respon pendidik dan juga respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-handout interaktif berbasis mind maping pada materi sistem ekskresi sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk pesera didik di MTsN 7 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rifa Amalia Rifa
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:03
Last Modified: 18 Dec 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40405

Actions (login required)

View Item
View Item