Pengembangan Komik Digital Pada Materi Analisis Data Di SMP/MTs

Putri Amelia BR Barus, 200205007 (2024) Pengembangan Komik Digital Pada Materi Analisis Data Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Komik Digital Pada Materi Analisis Data Di SMP/MTs] Text (Pengembangan Komik Digital Pada Materi Analisis Data Di SMP/MTs)
Putri Amelia BR Barus, 200205007, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB)

Abstract

Pembelajaran yang efektif tidak hanya bergantung pada penyampaian materi, tetapi juga pada penggunaan media pembelajaran yang tepat. Namun, di SMP/MTs, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep analisis data, khususnya dalam hal mean, median, dan modus. Kurangnya minat siswa terhadap materi analisis data, yang sering kali dianggap membosankan dan sulit dipahami. Di sisi lain, penguasaan konsep dasar analisis data yang lemah mengakibatkan kesulitan lebih lanjut dalam memahami analisis data yang lebih kompleks. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru di SMPN 9 Banda Aceh, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi ini, terutama dalam membedakan dan menerapkan rumus-rumus analisis data. Kesulitan ini diperburuk oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang variatif dan menarik dalam pengajaran matematika. Banyak guru yang masih mengandalkan metode konvensional seperti buku cetak dan papan tulis yang sering kali kurang efektif dalam memotivasi siswa untuk belajar. Mengatasi permasalahan tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran pada materi analisis data, guna meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi statistika. Komik digital dipilih karena dapat menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa komik digital yang dikembangkan mencapai tingkat validitas yang sangat baik, dengan skor 95,62% untuk ahli materi, 94,35% untuk ahli bahasa, dan 98,18% untuk ahli media. Selain itu, hasil kepraktisan dari guru dan siswa masing-masing mencapai 96,43% dan 92,13%, menandakan bahwa komik digital ini mudah diterima dan digunakan. Penelitian ini memberikan bukti bahwa komik digital dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep analisis data, serta menumbuhkan motivasi dan minat belajar matematika. Oleh karena itu, diharapkan pengembangan komik digital dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Amelia BR Barus
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:45
Last Modified: 19 Dec 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40447

Actions (login required)

View Item
View Item