Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di MTs

Zaizatul Shafira, 190205067 (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di MTs] Text (Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di MTs)
Zaizatul Shafira, 190205067, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang valid dan praktis. Proses pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, yaitu kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan ini muncul karena LKPD yang digunakan pendidik selama ini hanya berisi soal-soal latihan tanpa disertai tahapan pembelajaran yang melibatkan penyelesaian masalah nyata. Akibatnya, LKPD yang digunakan belum terfokus pada pengembangan keterampilan siswa dalam konteks matematika realistik, yang seharusnya melibatkan situasi kontekstual sehari-hari. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. LKPD dikembangkan dengan mengintegrasikan konteks nyata ke dalam pembelajaran matematika sesuai prinsip PMRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PMRI yang dikembangkan memperoleh kategori valid berdasarkan penilaian dari para validator. Validasi media menunjukkan persentase sebesar 76,75% dengan kriteria valid, sedangkan dari segi materi diperoleh persentase 86,6% dengan kriteria sangat valid. Dari segi kepraktisan, pendidik memberikan penilaian positif dengan persentase 86,6%, sementara respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD menunjukkan persentase kepraktisan sebesar 79,9%. Kesimpulannya, LKPD berbasis PMRI yang dikembangkan ini valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zaizatul Shafira
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:45
Last Modified: 19 Dec 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40449

Actions (login required)

View Item
View Item