Praktik Jual Beli Barang Branded Di Kalangan Mahasiswa(Studi Kasus Mahasiswa Perspektif Fiqh Muamalah Hukum Ekonomi Syari’ah UIN Ar-Raniry)

Febriansyah, 170102155 (2024) Praktik Jual Beli Barang Branded Di Kalangan Mahasiswa(Studi Kasus Mahasiswa Perspektif Fiqh Muamalah Hukum Ekonomi Syari’ah UIN Ar-Raniry). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Febriansyah, 170102155, FSH, HES (2021).pdf] Text
Febriansyah, 170102155, FSH, HES (2021).pdf

Download (3MB)

Abstract

Barang branded merupakan barang dengan kualitas yang bagus dan didesain dengan menarik serta harga yang tidak murah. Mahasiswa sangat tertarik dengan barang branded, sehingga praktek jual beli barang tersebut selalu terjalin di kehidupan mahasiswa. Baik praktek jual beli secara online maupun offline. Namun praktek jual beli ini sering kali membuat mahasiswa kadang lupa dengan harga yang begitu tinggi demi sebuah gaya yang bagus meskipun hal itu dapat mengurangi biaya hidup mereka selama masa kuliah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pertama bagaimana mekanisme transaksi jual beli barang branded di kalangan mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry ? kedua bagaimana praktik jual beli barang branded di kalangan mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry dalam perspektif fiqh muamalah ? penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, mekanisme jual beli yang dilakukan mahasiswa yaitu dengan membeli pakaian secara langsung ke toko dan melalui situs online baik itu dilakukan dengan cara pembayaran terlebih dahulu (akad salam) maupun dengan metode pembayaran setelah barang sampai (akad istishna) biasa disebut dengan pembayaran sistem COD. Kedua, praktik jual beli barang branded menurut perspektif fiqh muamalah yaitu boleh selama mekanisme jual beli yang dilakukan sesuai dengan rukun dan syarat yang telah ditentukan, Islam melarangnya jika tujuan belanja barang branded tersebut hanya untuk dipamerkan dan dipuji orang lain, kemudian hal tersebut tidak memberikan banyak manfaat banyak bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Febriansyah Febriansyah
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:09
Last Modified: 19 Dec 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item
View Item