Nurul Makhfirah, 200209029 (2024) Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA Pada Kelas IV MIN 2 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA Pada Kelas IV MIN 2 Kota Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Makhfirah, 200209029, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada penelitian ini adalah bahwa penyebab rendahnya prestasi belajar peserta didik yaitu dalam kegiatan pembelajaran siswa tidak dapat mengoptimalkan gaya belajar yang sesuai dengan karakteristiknya. Adanya variasi gaya belajar yang berbeda-beda dari setiap siswanya menimbulkan perkembangan prestasi belajar yang berbeda-beda pula. Pada saat kegiatan belajar mengajar kebanyakan siswa lebih bersifat pasif, enggan bertanya, bermain dengan kawan sebangku dan takut atau malu mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV MIN 2 Kota Banda Aceh. Gaya belajar merupakan cara yang digunakan oleh individu dalam menerima, mengolah, dan mengingat informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi preferensi gaya belajar siswa, apakah visual, auditori, atau kinestetik. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada siswa kelas IV dan dianalisis untuk mengidentifikasi gaya belajar yang dominan serta dengan observasi dan wawancara. Adapun hasil dari pengumpulan data melalui metode angket/ kuesioner dari 20 siswa terlihat 12 siswa dengan persentase 60 % lebih dominan menyukai gaya belajar visual, 5 siswa dengan persentase 25 % lebih dominan menyukai gaya belajar kinestetik dan 3 siswa dengan persentase 15 % lebih dominan menyukai gaya belajar auditori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki gaya belajar visual di mana indra penglihatan yang memiliki peran penting dalam gaya belajar ini. Selain itu, ditemukan bahwa guru perlu mengadopsi strategi pembelajaran yang beragam untuk memenuhi kebutuhan gaya belajar yang berbeda-beda di dalam kelas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya guru untuk memahami dan mengenali gaya belajar siswa agar dapat merancang kegiatan pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan inklusif. Dengan demikian, diharapkan peningkatan pemahaman dan prestasi siswa dalam pembelajaran IPA dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nurul Makhfirah |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 03:18 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 03:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40458 |