Metode Penafsiran Al-Qur’an Ustadz Adi Hidayat Dalam Channel Youtube Adi Hidayat Official

Fayza Azlya Putri, 200303096 (2024) Metode Penafsiran Al-Qur’an Ustadz Adi Hidayat Dalam Channel Youtube Adi Hidayat Official. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Metode Penafsiran Al-Qur’an Ustadz Adi Hidayat] Text (Metode Penafsiran Al-Qur’an Ustadz Adi Hidayat)
Fayza Azlya Putri, 200303096, FUF, IAT, 085262141572.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya Internet dan media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Banyak pendakwah, seperti Ustadz Adi Hidayat, memanfaatkan teknologi channel Youtube ini untuk memudahkan umat Muslim dalam mengakses pengetahuan agama. Namun, semua orang mempunyai keterbatasan waktu untuk belajar langsung dari ulama-ulama ahli tafsir atau menghadiri pengajian-pengajian di masjid. Oleh karena itu, metode penafsiran melalui audiovisual ini bisa menjadi alternatif yang lebih mudah di akses untuk mempelajari penafsiran Al-Qur’an. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah meneliti bagaimana metode Ustadz Adi Hidayat dalam menyampaikan pesan-pesan Al-Qur’an melalui channel Youtube Adi Hidayat Official dan bagaimana implikasi dari penafsiran Al-Qur’an yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat melalui channel Youtube Adi Hidayat Official terhadap para audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode Ustadz Adi Hidayat dalam penafsiran Al-Qur’an dan implikasinya terhadap para audience. Penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan serta menggunakan pendekatan deskriptif dengan kajian di media sosial dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kajian tafsir Ustadz Adi Hidayat sudah menerapkan metode penafsirannya yaitu metode tahlili ketika menyampaikan kajian penafsirannya. Dari segi efektifitas, kajiannya mampu memberikan implikasi terhadap audience dan memenuhi tiga aspek komunikasi massa yaitu efek afektif, efek kognitif,dan efek behavioral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 208 Sumber Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fayza Azlya Putri Fayza
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:55
Last Modified: 20 Dec 2024 07:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40469

Actions (login required)

View Item
View Item