Program Pembelajaran Berbasis Buku Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Di Sekolah Penggerak

Isna Fajriana, 200210062 Program Pembelajaran Berbasis Buku Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Di Sekolah Penggerak. POTENSIA. ISSN 2527 9270

[thumbnail of Program Pembelajaran Berbasis Buku Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Di Sekolah Penggerak] Text (Program Pembelajaran Berbasis Buku Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Di Sekolah Penggerak)
Isna Fajriana, 200210062, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan literasi didukung melalui program pembelajaran berbasis buku untuk menunjang keberhasilan anak dalam proses pembelajaran disekolah penggerak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan program pembelajaran berbasis buku untuk mengembangkan kemampuan literasi anak disekolah penggerak. Peneiitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan satu orang guru kelas B2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran berbasis buku di TKIT Syeikh Abdurrauf dilaksanakan selama enam hari yaitu projek membuat buku Cut Nyak Dhien. Ada tiga tahapan projek yakni tahapan permulaan, tahapan pengembangan dan tahapan penyimpulan. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahapan pembelajaran yang mencakup tahapan pembuka, tahapan inti dan tahapan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak tercapai sesuai dengan elemen capaian dasar-dasar literasi yaitu anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan, anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Kemudian hasil ini juga di dukung dengan kemampuan literasi awal anak, muncul rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, berbahasa lisan, dan anak mampu mengembangkan kemampuan membaca dan menulis melalui bercerita. Sehingga program ini mendukung pembelajaran untuk anak melalui perantara buku yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Isna Fajriana Isna
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:25
Last Modified: 23 Dec 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40486

Actions (login required)

View Item
View Item