Reza Kuntara, 200209035 (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengaruh Media Pembelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Reza Kuntara, 200209035 , FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu sarana mengajar yang digunakan oleh pendidik dalam penyampaian informasi kepada peserta didik yang tujuannya untuk menambah ilmu pengetahuan peserta didik, salah satu yang diterapkan yaitu media pembelajaran jaring-jaring bangun ruang. Rumusan dari peneitian ini adalah Adakah pengaruh media pembelajaran jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil pembelajaran matematika siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil pembelajaran matematika siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. sampel digunakan adalah 50 siswa terdiri dari 25 siswa kelas Va sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas Vb sebagai kelas eksperimen, di kelas V MIN 26 Aceh Besar. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu test. Sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus Independent Sample T-Test. Dari penelitian ini diperoleh dari hasil analisis hipotesis dengan bantuan program SPSS 25 dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka H0 ditolak dan Ha terima. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil pembelajaran matematika siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Reza Kuntara |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 02:57 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 02:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40491 |