Layanan Konseling Individual dalam meningkatkan Self Regulated Learning siswa di MtsN 2 Aceh Besar

Khairiah, 190213004 (2024) Layanan Konseling Individual dalam meningkatkan Self Regulated Learning siswa di MtsN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Layanan Konseling Individual dalam meningkatkan Self Regulated Learning] Text (Layanan Konseling Individual dalam meningkatkan Self Regulated Learning)
Khairiah, 190213004, FTK, BK, 082362204257.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Self Regulated Learning merupakan proses dimana individu yang belajar secara aktif sebagai pengatur proses belajarnya sendiri, mulai dari merencanakan, memantau, mengontrol, dan mengevaluasi dirinya secara sistematis untuk mencapai tujuan dalam belajar. Self regulated learning sangat penting bagi siswa dikarenakan siswa yang memiliki self regulated learning yang tinggi memungkinkan siswa tersebut dapat berprestasi dalam belajarnya namun sebaliknya siswa yang memiliki self regulated learning yang rendah akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Self Regulated Learning siswa MtsN 2 Aceh Besar dengan mengunakan Layanan konseling individual. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuntitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan hasil penelitian, menunjukan bahwa nilai skor post-test lebih tinggi dari pada nilai skor pre-test, berdasarkan hasil olah data menunjukan nilai signifikan 000 000 < 0,05 atau nilai thitung 5.407 > ttabel 2,920dengan derajat kebebasan (df) n-1 = 3-1 = 2 maka dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan konseling individual untuk meningkatkan Self Regulated Learning siswa adanya peningkatan sebelum dan sesudah diberikan konseling individual untuk meningkatkan Self Regulated Learning siswa di MTsN 2 Aceh Besar, yang sebelumnya siswa mengalami Self Regulated Learning rendah, menjadi meningkat pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Khairiah Riah
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:10
Last Modified: 23 Dec 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40494

Actions (login required)

View Item
View Item