Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 35 Aceh Besar

Cut Dhea Raihan, 200209045 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 35 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 35 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MIN 35 Aceh Besar)
SKRIPSI CUT RAIHAN DHEA CETAK SKRIPSI 2002.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materi dan di MIN 35 Aceh Besar siswa tidak fokus dalam mendengarkan guru menyampaikan materi sebagian siswa terlihat mendengar dan mencatat materi dan sebagian siswa lainnya sibuk dengan aktifitas lain. Namun pada kenyataannya di MIN 35 masih adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa yang terdapat pada mata pelajaran IPA di kelas IV. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menerapkan model discovery learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran discovery learning kelas IV di MIN 35, untuk menganalisis aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran discovery learning kelas IV di MIN 35 Aceh Besar dan untuk menganalisis bagaimana hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran discovery learning kelas IV di MIN 35. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus, instrumen peengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian setiap siklusnya meningkat dapat dilihat pada hasil tes, dimana siklus I hasil belajar siswa secara keseluruhan memperoleh persentase 29,41 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 94,11 dengan kategori sangat baik, Hal ini sejalan dengan apa yang peneliti harapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Dhea Raihan Dhea
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:48
Last Modified: 24 Dec 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40504

Actions (login required)

View Item
View Item