Naila, 190208028 (2024) Pemanfaatan Website Padlet Untuk Refleksi Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X-IPA Di SMA IT Nurul Ishlah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pemanfaatan Website Padlet Untuk Refleksi Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X-IPA Di SMA IT Nurul Ishlah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naila, 190208028, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (17MB)
Abstract
Pemanfaatan website padlet untuk refleksi pembelajaran kimia siswa dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan dari tujuan kurikulum merdeka yaitu berfokus kepada pengembangan minat dan bakat peserta didik sehingga dengan adanya refleksi guru dapat mengetahui kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran, pada kurikulum ini pemanfaatan teknologi sangat difokuskan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, serta meningkatkan keterampilan teknologi digital peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan website padlet untuk refleksi pembelajaran kimia siswa kelas X-IPA di SMA IT Nurul Ishlah, mengetahui respon peserta didik dan mengetahui respon guru terhadap pemanfaatan website padlet untuk refleksi pembelajaran kimia siswa di SMA IT Nurul Ishlah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pengamatan alami (natural observation). Subjek penelitian ini yaitu 8 orang peserta didik kelas X-IPA dan satu orang guru kimia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan datanya terdiri dari lembar angket analisis kebutuhan guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar validasi ahli, lembar angket respon guru, dan lembar angket respon peserta didik. Data yang diperoleh melalui instrumen pengumpulan data dianalisis menggunakan rumus persentase kemudian di deskripsikan. Hasil observasi aktivitas peserta didik yang diamati oleh observer I dan II dari pertemuan 1-3 untuk nilai rata-rata diperoleh peningkatan pada aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon peserta didik terhadap pemanfaatan website padlet untuk refleksi siswa diperoleh persentase 91,56% dengan kriteria “sangat setuju”. Hasil respon guru terhadap pemanfaatan website padlet untuk refleksi siswa pembelajaran kimia didapatkan persentase sebesar 95,83% dengan kriteria “sangat setuju”. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa website padlet untuk refleksi pembelajaran kimia pada siswa sangat bermanfaat untuk digunakan di dalam kelas X-IPA di SMA IT Nurul Ishlah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Naila Naila |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:40 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:40 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40506 |