Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di MAN 3 Kota Banda Aceh

Lismawariza, 190208023 (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di MAN 3 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di MAN 3 Kota Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di MAN 3 Kota Banda Aceh)
Lismawariza, 190208023, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan juga bisa meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penggunaan media pembelajaran seperti PhET Simulation yang membantu siswa dalam memahami konsep yang bersifat abstrak dan bisa disederhanakan menggunakan media pembelajaran tersebut. Kesetimbangan kimia merupakan materi yang menjelaskan tentang keadaan suatu reaktan dan produk dalam keadaan setimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis PhET Simulation terhadap hasil belajar peserta didik dan juga untuk mengetahui ketrampilan proses sains peserta didik serta respon siswa terhadap penggunaan PhET Simulation dalam pembelajaran kimia pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian ini menggunakan metode pre- eksperimental dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Instrumen dalam pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakn soal tes dan juga angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji-t untuk mengukur hasil belajar siswa dan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa maka digunakan rumus dalam mengukur persentase per indikator KPS. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dengan dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 37,5 > 32,3 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan adalah 34 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Data analisis keterampilan proses sains siswa didapatkan adalah pada aspek mengamati 88,57 dan pada aspek menerapkan konsep 68,92 dan dalam merencanakan percobaan 82,28 sedangkan pada aspek klasifikasi 86,42 dan pada aspek intervensi 72,14 dan pada aspek berkomunikasi adalah sebesar 80. Respon siswa dalam menggunakan phet simulation diperoleh hasil sebesar 94,21% yang termasuk kedalam kategori sangat setuju. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dan juga KPS siswa kelas XI IPA 1 MAN
3 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lismawariza Lismawariza
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:40
Last Modified: 24 Dec 2024 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40512

Actions (login required)

View Item
View Item