Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar

Mirdhatillah, 190206024 (2024) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar] Text (Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar)
Mirdhatillah, 190206024, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya manusia guna mencapai suatu sasaran yang efisien dan efektifitas. Oleh karena itu, manajemen penerimaan peserta didik di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar perlu dilakukan supaya kegiatan pelaksanaan yang dijalankan berjalan sesuai rencana dan mengikuti aturan yang sudah di buat. Namun berdasarkan Trend dari Penerimaan Peserta Didik Baru dalam 3 tahun terakhir menunjukan bahwa peserta didik yang masuk kesekolah tersebut jumlahnya naik turun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerimaan peserta didik baru dalam meningkatkan mutu lulusan di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru dalam meningkatkan mutu lulusan di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar dan kendala penerimaan peserta didik baru dalam meningkatkan mutu lulusan di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif dimana peneliti akan melaporkan dari hasil penelitian berdasarkan laporan pandangan data dan analisa data yang didapatkan dilapangan kemudian di deskripsikan dalam bentuk laporan secara rinci, dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar belum dilakukan secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan kepala sekolah, waka kesiswaan dan juga panitia PPDB di SMPN 1 Ingin Jaya Aceh Besar 1 ) Strategi yang digunakan sekolah dengan menggunakan sistem tes lebih tepatnya tes wawancara yang bertujuan untuk melakukan pendekatan dengan peserta didik baru guna mengetahui kepribadian peserta didik tersebut. 2) Tahapan pelaksanaan dengan melalukan rapat dan pembentukan panitia baru yang nantinya akan ditetapkan dalam sebuah Surat Keputusan. 3) Kendala yang didapatkan yaitu dengan sistem zonasi, jauhnya jangkauan sekolah sebelumnya yang masuk dalam zonasi membuat minimnya peserta didik baru dari sekolah tersebut yang mendaftar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mirdhatillah Mirdhatillah
Date Deposited: 31 Dec 2024 02:23
Last Modified: 31 Dec 2024 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40534

Actions (login required)

View Item
View Item