Implementasi Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Surah Pendek Di TK IT Permata Sunnah

Buniya, 190210032 (2025) Implementasi Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Surah Pendek Di TK IT Permata Sunnah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Surah Pendek Di TK IT  Permata Sunnah] Text (Implementasi Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Surah Pendek Di TK IT Permata Sunnah)
Buniya, 190210032, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penerapan metode Muraja’ah dalam menghafal surah pendek di TK IT Permata Sunnah bertujuan untuk memperkuat daya ingat anak melalui pengulangan hafalan secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Muraja’ah dalam menghafal surah pendek di TK IT Permata Sunnah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan implementasi Muraja’ah di TK IT Permata Sunnah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan empat orang guru yang terlibat langsung dalam penerapan metode Muraja’ah. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif, dan verifikasi kesimpulan untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode Muraja’ah di TK IT Permata Sunnah dilakukan oleh guru dengan cara mengulang hafalan surah secara terstruktur dan variatif, memanfaatkan media visual, aktivitas interaktif, serta pendekatan personal kepada anak yang kesulitan, untuk menjaga perhatian dan meningkatkan efektivitas proses menghafal. 2) Faktor pendukung dalam penerapan metode Muraja’ah di TK IT Permata Sunnah meliputi komitmen guru, orang tua, dan staf, serta suasana kelas yang kondusif, sementara hambatan seperti ketidakstabilan mood anak dapat diatasi dengan pendekatan fleksibel, seperti memberikan variasi dalam metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Buniya Buniya
Date Deposited: 02 Jan 2025 02:26
Last Modified: 02 Jan 2025 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40551

Actions (login required)

View Item
View Item