Fifi Aledia, 180209042 (2023) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajara IPA Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis TPACK, Dalam Hasil Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fifi Aledia, 180209042, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Proses pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi sangat mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun metode yang dilakukan secara berulang-ulang membuat siswa cepat merasa bosan dan jenuh saat belajar. Apalagi pada pembelajaran IPA yang banyak sekali siswa tidak tertarik pada pembelajaran ini. Oleh karena itu guru harus bisa mengelola kelas dengan baik dan membuat proses belajar menjadi efektif, dan menyenangkan salah satunya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Exsperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu kelas IV1 dan IV2 MIN 11 Banda Aceh. Adapun teknik pengumpulan data yaitu soal tes pretest dan posttest yang berjumlah 10 soal beserta dokumentasi. Kemudian pembuktian hasil data yang dilakukan menggunakannya uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (Uji-T), dan uji N-Gain. Perolehan hasil analisis data pada uji normalitas memperoleh berdistribusi normal dengan nilai Sig. 0,125 > 0,05. Selanjutnya hasil uji dari homogenitas penelitian berasal dari varians populasi homogen karena memiliki nilai levene statistic Sig. 0,698 > 0,05. Selanjutnya pada uji-t dengan menggunakan uji Independet Sample t-test dengan perolehan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis TPACK memperoleh dengan hasil rata-rata kelas eksperimen termasuk kedalam kategori cukup efektif sebesar 69,87 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 55,67 kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fifi Aledia |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 02:35 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 02:35 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40557 |