Amanatus Syarifah, 200212002 (2025) Penyusunan Modul Praktikum SQL Injeksi di SMK Negeri 5 Takengon. Penyusunan Modul Praktikum SQL Injeksi di SMK Negeri 5 Takengon, 7 (6). pp. 1-9.
![[thumbnail of Penyusunan Modul Praktikum SQL Injeksi di SMK Negeri 5 Takengon]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jurnal Penyusunan Modul Praktikum SQL Injection -Amanatus Syarifah-Jurnal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (484kB)
Abstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan nasional, serta integrasi teknologi ke dalam proses pembelajaran sangat diperlukan. Sebagai lembaga pendidikan kejuruan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), SMK bertanggung jawab membekali siswa dengan keterampilan sesuai kebutuhan industri, termasuk keamanan aplikasi web seperti SQL Injeksi. Modul praktikum SQL Injeksi ini disusun sebagai panduan belajar mandiri, mencakup pemahaman teoretis, langkah-langkah pengujian keamanan, dan strategi mitigasi efektif. Dengan modul ini, siswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan keterampilan keamanan aplikasi web dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE. Proses pengembangannya melibatkan pengumpulan data melalui instrumen validasi oleh validator serta angket siswa. Hasil validasi modul menunjukkan bahwa dari segi bahasa, modul memperoleh persentase 94,2%, media 97,1%, dan materi 100%. Dengan rata-rata keseluruhan 97,1%, modul ini dinilai sangat valid. Implementasi di SMK Negeri 5 Takengon juga memperlihatkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pretest 53, meningkat menjadi 92 pada postest setelah penggunaan modul
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Amanatus Syarifah 200212002 |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 02:07 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 02:07 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40559 |