Penerapan Media Pembelajaran E-magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh

Irmaliana, 180207136 (2024) Penerapan Media Pembelajaran E-magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Media  Pembelajaran  E-magazine  Berbasis  Nilai-Nilai  Qur’ani, Aktivitas, Hasil Belajar] Text (Media Pembelajaran E-magazine Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani, Aktivitas, Hasil Belajar)
Irmaliana, 180207136, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas X-8 di SMA Negeri 5 Banda Aceh pada materi Keanekaragaman Hayati dipengaruhi oleh kurangnya aktivitas siswa saat proses pembelajaran. Agar pembelajaran terlaksana dengan baik penggunaan media pembelajaran E-magazine berbasis nilai-nilai Qur’ani merupakan salah satu langkah inovatif yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran E- magazine berbasis nilai-nilai Qur’ani pada materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-8 berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan soal tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, serta tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis hasil belajar siswa menggunakan rumus N- Gain dan uji-t. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi, pada pertemuan pertama 63,13% dengan kategori aktif dan pertemuan kedua 74,38% dengan kategori aktif. Analisis hasil belajar siswa menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata- rata pre-test yaitu 30,19 kemudian nilai rata-rata post-test yaitu 80.19 dan nilai N- Gain 0,72 tergolong kategori tinggi. Hasil uji-t diperoleh t hitung > t tabel (53,3 > 1,706). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran E-magazine berbasis nilai-nilai Qur’ani dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Irmaliana Irma
Date Deposited: 03 Jan 2025 02:44
Last Modified: 03 Jan 2025 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40587

Actions (login required)

View Item
View Item