Implementasi MBKM pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Komparatif Antara Universitas Serambi Mekkah Dan Universitas Muhammadiyah Aceh)

Mufazal. B, 211003012 (2025) Implementasi MBKM pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Komparatif Antara Universitas Serambi Mekkah Dan Universitas Muhammadiyah Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mufazal. B, 211003012 (2024).pdf] Text
Mufazal. B, 211003012 (2024).pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam era transformasi pendidikan yang signifikan, inisiatif Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) oleh pemerintah Indonesia bertujuan untuk merevitalisasi ekosistem pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi MBKM. Dengan fokus pada Universitas Muhammadiyah Aceh dan Universitas Serambi Mekkah, khususnya pada Program Studi Pendidikan Agama Islam, penelitian ini berusaha mengeksplorasi dan membandingkan penerapan prinsip-prinsip MBKM dalam kurikulum kedua universitas tersebut. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis hambatan dalam mengimplementasikan kebijakan, kajian ini menggunakan Metode Kombinasi (Mixed Method). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi MBKM pada Prodi PAI Universitas Serambi Mekkah menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurangnya persiapan dan perencanaan. Meskipun demikian, upaya promosi kepada mahasiswa telah dilakukan dengan serius. Kebijakan mengenai hak belajar selama 3 semester di luar program studi belum sepenuhnya diterapkan. Program yang telah diikuti oleh Prodi PAI Universitas Serambi Mekkah mencakup Kampus Mengajar dan pertukaran pelajar. Implementasi MBKM Prodi PAI di Universitas Muhammadiyah Aceh menunjukkan persiapan yang matang , sosialisasi juga sudah dilakukan kepada dosen dan mahasiswa. Kebijakan hak belajar 3 semester di luar Prodi telah diterapkan. Program yang telah diikuti meliputi pertukaran pelajar dan kampus mengajar 2). Komparasi Implementasi mengungkap perbedaan dan persamaan. Terdapat tiga perbedaan utama, mencakup tingkat kesiapan, penerapan hak belajar selama tiga semester di luar program studi, serta jenis program yang diikuti. Sementara itu, dua persamaan mencolok meliputi aspek konversi nilai dan efektivitas sosialisasi. 3. Faktor Keberhasilan dan Penghambat Implementasi MBKM pada Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Serambi Mekkah dan Universitas Muhammadiyah Aceh diantaranya: faktor keberhasilannya yaitu adanya pembentukan aspek sosial mahasiswa, peningkatan prestasi akademis, dan motivasi mahasiswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketidaksesuaian antara pilihan mahasiswa dan penempatan yang diterima, ketidaksediaan tempat tinggal, minat mahasiswa yang kurang dalam mengikuti program, serta kehadiran praktisi mengajar yang tidak menjalankan materi sesuai dengan perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufazal. B Mufazal. B
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:26
Last Modified: 03 Jan 2025 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40599

Actions (login required)

View Item
View Item