Teuku Muhammad Fazarqandi, 180207132 (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Teuku Muhammad Fazarqandi, 180207132, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (19MB)
Abstract
Permasalahan pada proses pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, dapat diketahui bahwa pembelajaran lebih sering didominasi oleh penjelasan guru dan hanya mengandalkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang ada di dalam buku paket. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan, menganalisis tingkat hasil uji kelayakan ahli materi dan ahli media mengkaji respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang dikembangkan menggunakan Reserch and Development (R&D) dengan pemilihan model 4-D adalah karena setiap langkah-langkah tahap prosedur pengembangan dijelaskan dengan detail. Subjek dalam penelitian ini adalah penguji ahli, yaitu 1 ahli media dan 1 ahli materi yang merupakan dosen pendidikan biologi, dan 15 peserta didik kelas VIII-2 di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah uji kelayakan, dan respon peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji kelayakan dan menggunakan angket respon. Instrumen penelitian ini berupa lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi, dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan LKPD oleh ahli media dengan persentase 58% dengan kriteria cukup layak, hasil uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase 75% dengan kriteria layak, dan hasil uji kelayakan keseluruhan menunjukkan persentase 66% dengan kriteria layak. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD berbasis keterampilan proses sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan memperoleh hasil sebesar 86% dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Teuku Muhammad Fazarqandi |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:09 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:09 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40600 |