Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengunakan Media Book Pop Up Pada Tema Cita Cita Ku Kelas IV MIN 22 Aceh Besar

Ahmadal Badawi, 201325160 (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengunakan Media Book Pop Up Pada Tema Cita Cita Ku Kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan di kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Permasalahan yang terlihat dalam proses pembelajaran adalah siswa cenderung tidak aktif secara fisik dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Hal ini terbukti siswa lebih banyak duduk di bangku dari pada melakukan aktivitas pembelajaran, yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar karena hampir 50% siswa yang belum mencapai KKM. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan belajar siswa, salah satunya adalah media book pop up. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru terhadap penerapan media pembelajaran book pop up untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada kelas IV MIN 22 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap penerapan media pembelajaran book pop up untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada kelas IV MIN 22 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran book pop up untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 22 Aceh Besar. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes. Sedangkan tekhnik analisis data, penulis menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penulisan dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I 77,17% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,87%. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase yakni 76,92% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai persentase 87,5%. (3) hasil tes belajar siswa pada siklus I 56,52 % dan meningkat pada siklus II menjadi 86,95 % siswa telah tuntas secara klasikal sedangkan kreativitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase yakni 43,47% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai persentase 82,60%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Pembelajaran book pop up dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IV MIN 22 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmadal Badawi Awi
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:22
Last Modified: 06 Jan 2025 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40607

Actions (login required)

View Item
View Item