Penerapan E-Magazine Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Kelas VII Di SMP N 1 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara

Nawa Azka, 200207045 (2024) Penerapan E-Magazine Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Kelas VII Di SMP N 1 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media E-Magazine.] Text (Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media E-Magazine.)
Nawa Azka, 200207045, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup di sekolah SMP N 1 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara masih belum banyak memanfaatkan media sebagai pembelajaran. Media yang di gunakan masih terbatas hanya menggunakan buku paket saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan media pembelajaran e-magazine. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretes-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Sedangkan sampel penelitian VII1 yang berjumlah 30 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data secara kuantitatif dengan teknik analisis data statistik dan rumus persentase. Hasil penelitian yang di peroleh dari aktivitas belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh nilai 71,46% sedangkan pada pertemuan II diperoleh nilai 83,38% terjadinya peningkatan setelah diterapkan e-magazine biologi sebagai media pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,51% kategori aktif. Hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan menerapkan e-magazine biologi sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima (thitung ≥ ttabel) (34.876 ≥ 1.699) dapat disimpulkan bahwa penerapan media e-magazine dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nawa Azka Azka
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:30
Last Modified: 06 Jan 2025 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40609

Actions (login required)

View Item
View Item