Refry Reni Audini, 200207004 (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Dalam Tatanan Kurikulum Aceh di MAS Ulumuddin Kota Lhokseumawe. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Lembar kerja peserta didik (LKPD), Problem Based Learning, Sistem Pencernaan, Kurikulum Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RERE REPOSITORY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran peserta didik mengerjakan tugas yang ada di buku cetak karena tidak tersedianya LKPD dari sekolah, peserta didik juga saling berbagi buku cetak. Pendidik menggunakan bahan ajar buku dan media gambar serta power point pada saat proses pembelajaran berlangsung. Media yang digunakan dalam proses pembelajran yaitu media gambar dan power point, sedangkan bahan ajar yaitu buku cetak. Berdasarkan jawaban dari pendidik yang mengatakan bahwa tidak tersedianya LKPD dari sekolah.selama proses pembelajaran berlangsung peserta didik memulai pembelajaran dengan membaca do’a belajar dan menutup pembelajaran dengan membaca kafaratul majlis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning dan untuk melihat respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dan menggunakan model ADDIE. Data diperoleh dengan melakukan uji kelayakan dan analisis respon pendidik dan peserta didik. Validator dalam penelitian ini yaitu 2 ahli materi dan 2 ahli media. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAS Ulumuddin kota Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD membuktikan bahwa LKPD berbasis problem based learning dalam tatanan kurikulum Aceh layak digunakan sebagai media pembelajaran di MAS Ulumuddin kota Lhokseumawe. Hasil uji kelayakan LKPD berbasis problem based learning memperoleh hasil presentase kelayakan 92,41% kriteria sangat layak digunakan. Hasil respon pendidik diperoleh hasil 87,5% dan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis problem based learning dalam tatanan kurikulum Aceh di MAS Ulumuddin kota Lhokseumawe mendapatkan hasil persentase 95,7% dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Refry Reni Audini Refry |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:48 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40612 |