Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Mas Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara

Aisa Raihan Fadilla, 200207011 (2024) Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Mas Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan, Modul, Keterampilan Proses sains, Kelayakan, Respon Peserta Didik.] Text (Pengembangan, Modul, Keterampilan Proses sains, Kelayakan, Respon Peserta Didik.)
Aisa Raihan Fadilla, 200207011, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada saat praktikum guru hanya berpatokan pada lembar kerja di buku cetak sehingga peserta didik kurang mengerti yang disampaikan oleh guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut maka memerlukan sebuah pedoman berbentuk modul praktikum yang diharapkan dapat membantu peserta didik dalam melakukan praktikum. Tujuan penelitian ini untuk melakukan pengembangan modul praktikum berbasis keterampilan proses sains dan untuk melihat keyakan modul praktikum serta respon peserta didik terhadap modul praktikum berbasis keterampilan proses sains. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development mengacu pada model 4D. Subjek penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI MAS Al-Muslimun dan objek penelitian terdiri dari 22 peserta didik di MAS Al- Muslimun Lhoksukon Aceh Utara. Penelitian ini terdiri dari 3 ahli media, 3 ahli materi, Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, lembar uji kelayakan materi, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data uji kelayakan dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini adalah Pengembangan modul praktikum berbasis keterampilan proses sains pada materi Keanekaragaman Hayati di MAS Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara layak digunakan berdasarkan presentase kelayakan materi 78,9% dan presentase kelayakan media 80%. Respon pada belajar pada peserta didik meningkat dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dan panduan buku cetak dan dibuktikan oleh hasil respon peserta didik yaitu 90%, sehingga pengembangan modul praktikum berbasis ketarampilan proses sains layak untuk di gunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aisa Raihan Fadilla Aisa
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:30
Last Modified: 06 Jan 2025 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40614

Actions (login required)

View Item
View Item