Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Abulyatama Dengan Model Carter

Intan Fajarni, 190503129 (2025) Analisis Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Abulyatama Dengan Model Carter. Other thesis, FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
INTANFAJARNI edit new.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan Perpustakaan Universitas Abulyatama menggunakan model CARTER. Model CARTER terdiri dari enam dimensi: Compliance, Assurance, Reliability, Tangibles, Empathy, dan Responsiveness, yang secara komprehensif mengukur kualitas layanan berbasis prinsip syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen utama, di mana responden yang dipilih merupakan pemustaka aktif perpustakaan. Data dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan uji validitas serta reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pemustaka puas dengan layanan yang diberikan oleh perpustakaan, terutama pada aspek kepatuhan dengan nilai persentase sebesar 82,23%, namun terdapat beberapa dimensi yang perlu ditingkatkan, terutama pada aspek wujud fisik dengan persentase persentase 76,69% dan kepedulian dengan persentase 77,33%. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanan agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka secara optimal di era digital ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Intan Fajarni Fajarni
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:27
Last Modified: 06 Jan 2025 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40616

Actions (login required)

View Item
View Item