Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII MTsN 1 Aceh Tenggara

Hayati Ahmad, 200207002 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII MTsN 1 Aceh Tenggara. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Aktivitas,  Hasil  Belajar  Model  TAI  (Team  Asissted Individualization)] Text (Aktivitas, Hasil Belajar Model TAI (Team Asissted Individualization))
Hayati Ahmad, 200207002, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran IPA khusunya pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTsN 1 Tenggara pada saat proses pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa kurang aktif, dan model pembelajaran masih kurang bervariasi dan bersifat konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dilakukan dengan menerapkan model Team Asisted Individualization (TAI). Tujuan dari penelitian untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Team Asisted Individualization dalam pembelajaran IPA materi klasifikasi makhluk hidup. Adapun rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dengan instrumen penelitian berupa lembar aktivitas belajar siswa dan soal pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII dengan sampel kelas VII-5 sebagai kelas kontrol dan VII-6 sebagai kelas ekspeimen, pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Analisis aktivitas belajar dihitung dengan menggunakan persentase, dan hasil belajar dengan menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen pada pertemuan I dengan nilai 82,29% kategori sangat aktif, pada pertemuan II 85,29% kategori sangat aktif. Sedangkan pada kelas kontrol pertemuan I nilai yang diperoleh 60,14% kategori aktif, pertemuan II 58,85% kategori cukup aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model Team Asisted Individualization nilai rata-rata sebesar 77,6% dan kelas kontrol sebesar 68%. Diperoleh thitung sebesar 3,916 dengan ttabel 1,677 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak yaitu thitung > ttabel (3,916 > 1,677).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hayati Ahmad Hayati
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:48
Last Modified: 06 Jan 2025 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40621

Actions (login required)

View Item
View Item