Pengembangan E-Lkpd Berbasis Literasi Sains Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seulimeum

Tabawaud Dhara, 200207073 (2024) Pengembangan E-Lkpd Berbasis Literasi Sains Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seulimeum. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of E-LKPD Berbasis Literasi sains, Kelas VII SMP Negeri 1  Seulimeum, Respon Peserta Didik, Uji kelayakan] Text (E-LKPD Berbasis Literasi sains, Kelas VII SMP Negeri 1 Seulimeum, Respon Peserta Didik, Uji kelayakan)
Tabawaud Dhara, 200207073, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMPN 1 Seulimeum masih kurang bervariasi dalam penggunaan media khususnya pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis literasi sains, menganalisis uji kelayakan dan respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis literasi sains pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII di SMPN 1 Seulimeum. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari, 2 ahli media dan 2 ahli materi dan 24 peserta didik kelas VII. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Teknik analisis data uji kelayakan dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII di SMPN 1 Seulimeum berdasarkan kualitas media dan materi diperoleh hasil keseluruhan dengan persentase nilai validasi yaitu 84,19% dengan kategori sangat layak. Hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis literasi sains pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya diperoleh persentase dengan nilai sebesar 86,41% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dan mendapatkan respon yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Tabawaud dhara Dara
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:00
Last Modified: 06 Jan 2025 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40632

Actions (login required)

View Item
View Item