Rahmatulliza Syarif, 200209131 (2025) Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa V MIN 27 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa V MIN 27 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SkripsiiLizaSyarif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MIN 27 Aceh Besar yang dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam memilih model pembelajaran dan media pembelajaran di sekolah, proses belajar mengajar menggunakan buku ajar dan beberapa media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan untuk mengetahui respon keaktifan belajar siswa terhadap penerapan model discovery learning berbantuan media piramida cerita siswa kelas V MIN 27 Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan angket respon siswa, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai
78,5% dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 98,2% dengan
kategori sangat baik. Keaktifan siswa pada siklus I memperoleh nilai 76,9% dengan kategori aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 96,1% dengan kategori sangat aktif. Respon keaktifan belajar siswa yang diukur dari pengisian angket respon pada siklus I yaitu 77,6% dengan kategori setuju, dan pada siklus II meningkat menjadi 99,5% dengan kategori sangat setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media piramida cerita dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 27 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rahmatulliza Syarif Liza |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:04 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:04 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40633 |