Rinda Nuzulia, 200202179 (2025) Penerapan Metode Practice Rehearsal Pairs Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Keterampilan Membaca Di Ma’had Babun Najah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Practice Rehearsal Pairs Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Dalam Keterampilan Membaca Di Ma’had Babun Najah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rinda Nuzulia, 200202179, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Adapun permasalahan dalam pembelajaran Bahasa arab khususnya maharah qira’ah di Ma’had Babun Najah Kelas 2 (B) tsanawiyah yaitu rendahnya kemampuan siswi dan kurangnya minat membaca Bahasa arab serta lemahnya starategi pembelajaran yang efektif dan juga terdapat kesulitan dalam memahami materi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas penerapan metode Practice Rehearsal Pairs untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam keterampilan Membaca dan mengetahui bagaimana efektifitas guru dan siswi Ketika penerapan metode Practice Rehearsal Pairs. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design dan Peneliti menggunakan soal pre-test, post-test dan observasi langsung sebagai instrument dalam mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1). Penerapan metode Practice Rehearsal Pairs efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswi, berdasarkan hasil Paired Sample T-Test dengan tingkat signifikansi sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 dimana hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. 2). Aktifitas guru dan siswi Ketika penerapan metode Practice Rehearsal Pairs pada pembelajaran membaca berjalan dengan baik dan berhasil, peneliti memperoleh nilai 88,88% untuk hasil observasi langsung aktifitas guru dan nilai 89.06% untuk hasil observasi langsung aktifitas siswi, kedua nilai tersebut berada diantara kisaran 81-100% dengan tingkatan terbaik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rinda Nuzulia |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:19 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40634 |