Penerepan Metode Talking Stick dan Media Vedeo untuk Peningkatan Partisipasi Aktif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Rafiqatul 'Ulya, 200207029 (2024) Penerepan Metode Talking Stick dan Media Vedeo untuk Peningkatan Partisipasi Aktif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Media video; model talking stick; partisipasi aktif; sistem pencernaan manusia] Text (Media video; model talking stick; partisipasi aktif; sistem pencernaan manusia)
Rafiqatul 'Ulya, 200207029, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran yang efektif melibatkan peserta didik secara aktif dalam berbagai aktivitas pembelajaran. Studi kasus di MTsS Insan Qur’ani, Kabupaten Aceh Besar, menunjukkan motivasi belajar peserta didik tergolong tinggi, namun partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran masih kurang optimal. Selama pembelajaran materi sistem pencernaan manusia, peserta didik tampak fokus mendengarkan penjelasan guru, tetapi sebagian besar kesulitan menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan partisipasi aktif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran talking stick dan penggunaan media video. Penelitian menggunakan desain tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif dan analisis data secara induktif serta statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model talking stick meningkatkan partisipasi aktif peserta didik sebesar 15.6%, sedangkan penggunaan media video memberikan peningkatan sebesar 17.1%. Kombinasi model talking stick dan media video meningkatkan partisipasi aktif hingga 16.3%. Implementasi kedua strategi ini tidak hanya meningkatkan interaksi antar peserta didik, tetapi juga mempermudah visualisasi konsep abstrak, sehingga mendukung pemahaman materi sistem pencernaan manusia secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rafiqatul 'Ulya Ulya
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:31
Last Modified: 06 Jan 2025 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40637

Actions (login required)

View Item
View Item