Shiva Haura, 210210027 Metode Pembelajaran Proyek Pada Kurikulum Operasional Madrasah Di RA Fathun Qarib. Jurnal Kumara Cendekia. ISSN 2338-008X
![[thumbnail of Metode Pembelajaran Proyek Pada Kurikulum Operasional Madrasah Di RA Fathun Qarib]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Shiva Haura, 210210027, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Raudhatul Athfal (RA) FQ merupakan sekolah jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) dibawah Kementerian Agama dan juga
menggunakan kurikulum merdeka seperti arahan pemerintah pusat. RA FQ telah banyak mengukir prestasi di jenjang provinsi pada kategori guru dan kepala sekolah berprestasi. RA ini juga melaksanakan kurikulum merdeka melalui upaya
mandiri belajar serta menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Selama ini pembelajaran berbasis proyek lebih banyak
dilakukan di jenjang TK di bawah naungan Kemendikbud, sementara pada jenjang RA masih belum teridentifikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran proyek dalam kurikulum
operasional madrasah di RA FQ. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana subjek penelitiannya adalah seorang guru kelas sekaligus koordinator proyek P5. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan tiga tahap, yaitu kondensasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran proyek khususnya pada proyek P5 di RA FQ dilakukan dengan durasi waktu yang berbeda dibandingkan dengan pelaksanaan proyek P5 pada umumnya. Pelaksanaan proyek P5 tetap dilaksanakan dengan tahapan yang sama, yaitu permulaan, pengembangan dan penyimpulan. Tema yang diangkat dalam proyek P5 tetap menggunakan tema proyek P5 tetapi tidak menggunakan nilai-nilai Profil Pelajar Rahmatan lil9Alamiin.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; proyek P5; PPRA; kurikulum merdeka |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Shiva Haura Shiva |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:26 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40640 |