Peran TPA Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Didik Tpa Almaaz Di Gampong Tanjong Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara

Aufa Lidiya Alma’azi, 190303049 (2025) Peran TPA Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Didik Tpa Almaaz Di Gampong Tanjong Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Peran TPA Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Didik Tpa Almaaz  Di Gampong Tanjong Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara] Text (Peran TPA Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Didik Tpa Almaaz Di Gampong Tanjong Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara)
Aufa Lidiya Alma’azi, 190303049, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Al-Qur’an sejak dini seharusnya menjadi perhatian penting bagi orang tua untuk menjadi pedoman hidup, bekal akhirat dan meningkatkan prestasi anak. Al-Qur’an diajarkan dengan memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah bertahap agar tertanam sifat Qur’ani pada anak melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Namun pada masa ini tidaklah mudah mengajarkan Al-Qur’an, perlu kerja keras serta ikhlas, sebab tidak semua jenjang pendidikan terdapat pembelajaran Al-Qur’an, begitupun orang tua belum tentu berkesempatan mengajarkan anaknya baca tulis Al-Qur’an. Sehingga peran TPA menjadi alternatif tersendiri guna meningkatkan bacaan Al-Qur’an anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan kendala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan anak didik membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang diperoleh dalam bentuk data-data baik tertulis, lisan, tindakan yang diamati melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran TPA dalam meningkatkan kualitas kemampuan baca Al-Quran anak di TPA Almaaz Gampong Tanjong Ara sangat penting, dengan tergeraknya manajemen TPA mengarahkan pembelajaran Al-Quran yang efektif dan efisien, dengan adanya tujuan, visi-misi dan variasi metode dapat menaikkan kualitas kemampuan baca Al-Quran anak. Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas baca Al-Quran anak di TPA Almaaz Gampong Tanjong Ara terdapat beberapa faktor baik secara internal maupun eksternal, seperti rendahnya motivasi anak, kurangnya pendidikan dalam keluarga serta anak-anak yang masih senang bermain sehingga fokus untuk belajar akan berkurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Aufa Lidiya Alma’azi
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:26
Last Modified: 06 Jan 2025 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40642

Actions (login required)

View Item
View Item