Modul Ajar, STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics)

Saripah Aini, 200209104 (2025) Modul Ajar, STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Modul Ajar, STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics)] Text (Modul Ajar, STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics))
SKRIPSI FIX AINI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar pada proses pembelajaran, sumber belajar yang kerap digunakan hanyalah buku paket saja sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendesain modul ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada pembelajaran IPAS jenjang MI, (2) Untuk menilai kelayakan modul ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada pembelajaran IPAS jenjang MI dan (3) Untuk menilai kepraktisan modul ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada pembelajaran IPAS jenjang MI. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan telah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh skor 89%, hasil validasi materi diperoleh skor 79% dan hasil validasi bahasa diperoleh skor 83%. Selain itu, data hasil respon guru dan peserta didik pada lembar kepratisan modul ajar yang dikembangkan telah memenuhi kategori sangat praktis berdasarkan hasil respon lembar kepraktisan guru diperoleh skor 87% dan hasil respon lembar kepraktisan peserta didik diperoleh skor 90% juga. Berdasarkan hasil penelitian maka modul ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada pembelajaran IPAS jenjang MI telah dikembangkan melalui tahapan model ADDIE serta sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saripah Aini Aini
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:30
Last Modified: 06 Jan 2025 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40648

Actions (login required)

View Item
View Item