Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas I SD Negeri 6 Meulaboh

Aina Tasvina, 200209057 (2025) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas I SD Negeri 6 Meulaboh. Other thesis, FakultasTarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas I SD Negeri 6 Meulaboh] Text (Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis di Kelas I SD Negeri 6 Meulaboh)
bismillah sidang[2].pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa di SD Negeri 6 Meulaboh dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kemampuan membaca dan menulis siswa SD Negeri 6 Meulaboh. Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah wali kelas I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru kelas I SD Negeri 6 Meulaboh dalam meningkatkan kemampuan membaca adalah guru mengajarkan huruf vokal terlebih dahulu, kemudian mempraktekkan didepan kelas dengan mengajak anak-anak mengucapkan huruf bersama-sama. Selanjutnya, guru mengajarkan perbedaan huruf abjad a-z dan meminta anak menulis huruf abjad secara berurutan di papan tulis dan buku latihan. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis dengan menggunakan papan tulis, kartu huruf, dan papan huruf untuk mengenalkan huruf, serta melatih anak-anak menulis dengan benar dan rapi di buku tulis. Guru juga mengajarkan cara memegang pensil dengan benar dan mengulang latihan secara sabar setiap hari, serta mendatangi anak di setiap tempat duduknya untuk menuntun tangan siswa agar bisa menulis dengan benar. Faktor-faktor penghambatnya adalah suasana kurang kondusif, dan faktor dari dalam diri anak itu sendiri yaitu kurangnya termotivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aina Tasvina Aina
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:30
Last Modified: 06 Jan 2025 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/40649

Actions (login required)

View Item
View Item